IMAP vs POP3: Keuntungan & Kerugian

Sementara memahami perbedaan, kelebihan dan kekurangan antara protokol IMAP dan POP3, orang harus mempertimbangkan jenis pengguna atau jenis perangkat yang akan menggunakan kotak surat. Untuk memudahkan siapa pun untuk memahami dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, mari kita fokus pada beberapa poin tentang masing-masing.

Hosting Email Menggunakan IMAP

IMAP (Protokol Akses Pesan Internet)
Hosting Email Fitur yang paling berbeda dari protokol IMAP adalah bahwa email dan kotak masuk tidak disimpan di komputer Anda tetapi di suatu tempat di cloud. Ini memungkinkan semua email Anda untuk disinkronkan dengan sempurna ketika biasanya membaca email dari komputer atau perangkat yang berbeda, atau bahkan dari Webmail, karena semua perangkat dan platform akan menampilkan email, folder, dan lain-lain yang persis sama.
Kerugian utama dari protokol IMAP adalah wajib untuk memiliki koneksi internet setiap saat untuk membaca / membalas dan mencari pesan.

Selain itu, karena email disimpan di server web, penting untuk terus memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia untuk kotak surat Anda, jika tidak, kotak surat penuh, surat akan mulai bangkit kembali.

KEUNTUNGAN

    Komunikasi tersinkronisasi dua arah antara server email dan klien email, yang memungkinkan beberapa perangkat bekerja pada akun yang sama melihat perubahan yang dilakukan oleh semua orang.
    Email ada di server setiap saat, jadi mengaksesnya dapat dilakukan dari mana saja dengan memiliki perangkat dengan akses internet.
    Dalam kasus komputer crash atau penghapusan data secara tidak sengaja, karena email ada di server surat, dimungkinkan untuk mendapatkan kembali email tersebut.
    Karena email disimpan di server email, ia menggunakan penyimpanan lokal minimal.
    Ini memungkinkan pencarian email berbasis keyboard.

KEUNGGULAN

    Mail tidak akan berfungsi tanpa koneksi internet aktif.
    Jika penggunaan email lebih banyak, Anda akan memerlukan penyimpanan kotak surat yang lebih besar yang mungkin lebih mahal.
    Mengakses email sedikit lebih lambat dibandingkan dengan POP3, karena semua folder disinkronkan setiap kali ada Kirim / Terima

Hosting Email Menggunakan POP3

POP3 (Protokol Kantor Pos)
Dalam hal protokol POP3, klien email Anda (mis. Outlook, ThunderBird, Mail, dll) terhubung langsung ke server email dan mengunduh semua email / lampiran pada klien email yang dikonfigurasi untuk mengakses email. Ini adalah keuntungan utama, karena email diunduh secara lokal, mereka dapat dibaca bahkan tanpa koneksi internet.

POP3 adalah protokol yang dikembangkan ketika koneksi internet tanpa flat rate, jadi idenya adalah mengunduh email dengan cepat dan memutuskan koneksi internet, untuk menghemat biaya.

Saat mengunduh pesan setiap kali Anda membaca email, itu dihapus dari server, membebaskan ruang, sehingga kecil kemungkinan kotak surat akan penuh dan tidak dapat menerima email baru. Namun, saat ini ada opsi untuk menyimpan salinan pesan di server selama beberapa hari, agar dapat menyinkronkan pesan yang masuk dan meninjau email dari perangkat yang berbeda.

KEUNTUNGAN

    Mampu membaca email di komputer / perangkat lokal Anda bahkan tanpa koneksi internet.
    Tidak perlu memiliki ruang penyimpanan yang besar di server surat, karena saat mengunduh surat itu dihapus.

KEUNGGULAN

    Jika perangkat tempat surat telah diunduh atau disimpan, macet atau dicuri, emailnya akan hilang.
    Tergantung pada pesannya, ia dapat mengkonsumsi sumber daya sistem.

× Gunakan Email Bisnis Sekarang